Opini

Keindahan Pantai Indrayanti Yang Sayang Jika Dilewatkan

Keindahan Pantai Indrayanti Yang Sayang Jika Dilewatkan

Keindahan Pantai Indrayanti Yang Sayang Jika Dilewatkan – Pantai Indrayanti adalah satu pantai yang lumayan baru di daerah istimewa Yogyakarta. Namun dari jejeran pantai di gunung kidul yang terbentang dari arah barat menuju timur, Pantai Indrayanti ini memiliki nilai tersendiri di hati para pengunjungnya.

Wisata ke Pantai Indrayanti ini dapat menjadi  pilihan wisata pantai saat kita berkunjung ke kota pelajar Yogya. Pantai ini mempunyai keindahan yang setara dengan Pantai Parangtritis. Nama Dan Sejarah Pantai Indrayanti adalah sebuah pantai yang baru di daerah yogya, namaPantai Indrayanti ini dapat dibilang terus menggema dari waktu ke waktu. Pantai ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai di daerah gunung kidul.

 

foto-foto wisata pantai indrayanti

Tidak Seperti Pantai Parangtritis yang kuat dengan aroma mistis dan legenda ratu pantai selatan Nyai Roro Kidul, Pantai Indrayanti tidak mempunyai banyak kisah dan mitos untuk diceritakan. Meskipun pantai ini masih merupakan bagian dari pantai selatan yang diyakini adalah bagian wilayah kekuasaan Nyai roro kidul, namun tak ada upacara besar seperti labuhan yang diselenggarakan di pantai ini.Dapat dikatakan pantai ini merupakan murni sebuah tempat wisata pantai yang teramat indah.

Baca Juga : Pantai Indrayanti, Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta

Ada satu hal yang sering dibicarakan masyarakat terkait Pantai Indrayanti adalah soal nama pantai yang terdengar agak berbeda. Jika disandingkan dengan nama Pantai Indrayanti dengan nama pantai lain seperti Baron, Parangtritis, Kukup. Banyak yang mengatakan nama Pantai Indrayanti ini seperti mirip nama orang.

Sebenarnya memang itulah kenyataannya.Indrayanti adalah nama keluarga dari owner Cafe di pantai ini. Nama asli dari ini sebenarnya adalah pantai Pulang Syawal. Ketika itu pantai ini belum dikelola dengan benar, dan hanya ada sebuah cafe bernama Indrayanti. Karenanya para pengunjung yang berkunjung ke pantai ini malah memanggil  nama cafe yaitu Indrayanti ketika membicarakan tentang pantai baru ini.

Dari informasi pantai ini yang tersebar hingga akhirnya terdengar dan orang mulai penasaran dan ramai berdatangan ke pantai ini. Karena sudah terbiasa disebut Indrayanti, itulah yang telah menjadi nama yang terkenal bagi pantai ini. Nama pantai Pulang Syawal mungkin tidak akan banyak orang yang mengetahuinya. Indrayanti faktanya adalah nama istri sang pemilik cafe tersebut, ada juga yang mengatakan nama kedua anaknya yaitu Indra dan Yanti.

Hal ini  tentunya mengingatkan kita dengan Pantai Lovina Bali. Sama seperti Pantai Indrayanti, Pantai Lovina bali juga bermula dari sebuah Cafe Lovina yang dijadikan nama pantai.

Baca Juga : Tempat Wisata Pantai Terindah di Yogyakarta

Bagi wisatawan sih itu tentunya hanya merupakan sebuah selingan yang cukup menghibur saja.Yang penting adalah menikmati keindahan pantai ini dengan sepuas-puasnya. Pantai Indrayanti terletak bertetanggaan dengan Pantai Sundak tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta.

jarak pantai indrayanti ke gumuk pasir,,kalibiru,

Artikel Keindahan Pantai Indrayanti Yang Sayang Jika Dilewatkan

Tags: foto pantai indrayanti, jalan menuju pantai indrayanti, Keindahan Pantai Indrayanti, pantai indrayanti gunungkidul, rute pantai indrayanti

Anas Urbaningrum

Dr. H. Anas Urbaningrum, S.I.P., M.Si. (lahir 15 Juli 1969) adalah Ketua Presidium Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia yang dideklarasikan pada 15 September 2013. Sebelumnya, ia adalah Ketua Umum DPP Partai Demokrat dari 23 Mei 2010 hingga menyatakan berhenti pada 23 Februari 2013.[1]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button